Jumat, 06 Agustus 2010

Install XP Lewat USB Flashdisk di Netbook


XP and FlashdiskInstall Windows XP via Flashdisk

Kabar gembira nih buat temen-temen pecinta, penyayang, pengguna ataupun netbook (mini laptop) lover. Ceritanya nih tadi pagi ane coba-coba bereksperimen. Hehe.. Sekarang temen-temen bisa tenang kalaupun nggak sengaja terjadi sesuatu yang nggak di inginkan yang disebabkan kesalahan dari software ataupun “virus flu” komputer yang nggak ilang-ilang kalau di scan doang, ataupun jadi lemot gara-gara crash sofwarenya ATAU di instalin tempat service harganya MAHAL. Hehe..:p

Tenang kawan. Karena temen-temen bisa nginstall Windows Xp via USB flashdisk..:) Yup nginstall Windows Xp dari USB flashdisk. Oya tapi sebelum nginstal via falshdisk jangan lupa hard disk temen-temen di partisi dulu ya pake Norton Partition Magic atau software partisi yang lain. Supaya pas ngeformat netbooknya data-data selain di (C:) nggak ilang. Oke, selamat mencoba ya frend. Semoga bisa membantu ya.._^

Ini tutorialnya monggo bisa di baca :

*) Pertama alat dan bahan

1. Sebuah komputer atau laptop yang dilengkapi optical drive (CD atau DVD) dan port USB yang bekerja baik.
2. Sebuah USB flashdisk berkapasitas minimal 1 GB, karena tadi ane coba hasilnya di flashdisk abis 600an MB.
3. CD instalasi Windows Xp. Ane tadi pake yang SP 2.
4. Aplikasi pembuat modul instalasi (Klik buat download) Bootsect, PeToUSB_3.0.0.7, usb_prep8.
5. Keberanian buat nyoba! Hehe.._^

*) Langkah-langkahnya

1. Tancapkan USB flashdisk ke salah satu port USB. Ingat-ingat posisi drive-nya. Apakah F:, G:, H:, dan sebagainya.
2. Masukkan CD instalasi Windows XP ke CD atau DVD drive. Jika komputer menjalankan proses instalasi secara otomatis, batalin aja and tutup semua aplikasi yang berjalan.
3. Ekstrak aplikasi yang di download tadi. Ekstrak seluruh isinya ke sebuah folder, semisal C:\XPUSB (bikin folder baru).
4. Selanjutnya, buka folder di mana temen-temen mengekstrak aplikasi modul pembuat instalasi, kali ini kita ambil contoh C:\XPUSB.
5. Jalankan file bernama “usb_prep8.bat” maka di layar monitor muncul jendela Command Prompt berisi macam-macam perintah. Jika sudah muncul tulisan “Press any key to continue” tekan sembarang tombol untuk konfirmasi.
6. Di layar akan muncul jendela PEtoUSB yang minta memformat USB flashdisk temen-temen. Settingnya nggak usah di ubah-ubah, langsung klik Start untuk mulai format. Jawab konfirmasi sesuai kebutuhan.
7. Kalau udah selesai, tutup jendela PEtoUSB (jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika temen-temen menjalankan usb_prep8.bat), maka di layar akan muncul opsi-opsi dari 0 hingga 5.
8. Gunakan opsi 1 untuk memilih sumber file instalasi yang nantinya akan dicopy ke flashdisk. Tentukan di drive mana temen-temen menyimpan instalasi Windows XP. Pilih aja optical drive di mana ada CD Windows XP nya yang tadi dimasukin.
9. Pilih opsi 3 untuk menentukan di mana temen-temen mencolokan flashdisk. Kalau flashdisk berada di drive F:, maka ketik F dan tekan ENTER. Jika drive G: maka ketik G dan tekan ENTER.
10. Selanjutnya pilih opsi 4 untuk mulai proses pembuatan modul instalasi yang nantinya akan dicopy ke flash disk secara otomatis. Jawab semua konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK.

Selesai! Kini USB flashdisk temen-temen udah siap buat nginstall Windows XP! Jangan lupa kalau mau nginstal di setting dulu BIOS (tekan F2 saat booting) netbook temen-temen. Pilih BOOT –> Removeable Disk (atau apa pun nama lainnya) sebagai yang pertama dijalankan saat booting.._^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar